Nomer Kontak Hp Tsel Pengacara Balikpapan Samarinda

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini


Follow Facebook Pengacara Balikpapan Samarinda

Hukum Hamil Di luar Nikah Menurut Undang-undang by Pengacara Perceraian Perdata Pidana Samarinda Balikpapan

hp/wa 0812345 3855 solusi dan motivasi penanganan kasus hamil diluar nikah

Artikel Pengacara Perceraian Perdata Pidana Samarinda Balikpapan : Hukum Hamil di luar nikah menurut undang-undang ~ hamil di luar nikah adalah hal yang tabu jika di lihat dari kacamata masyarakat, namun banyak yang masih mempertanyakan apakah hukum negara juga mengatur tetang hamil diluar nikah?

pengertian hamil diluar nikah

Pada dasarnya negara memiliki undang-undang yang mengatur ini, mulai dari perzinahan yang dilakukan, apa hukumanya dan bagaimana perwalian anak yang lahir dari hubungan tersebut.

Apakah diperbolehkan pria lain yang menikahi?

Boleh, hukumnya sama, yaitu sah secara hukum negara meskipun si wanita masih dalam keadaan hamil, namun dalam islam belum sah.

Jadi untuk nikah sah secara agama, si laki-laki harus menunggu hingga wanita tersebut melahirkan kemudian melaksanakan ijab qobul ulang.
-         

Hukum menikahi perempuan yang hamil di luar nikah

Jika ada sebuah kejadian hamil diluar nikah dan si pria ingin menikahi perempuan maka hal tersebut boleh secara hukum.
Hal tersebut sudah ada di dalam pasal 53 ayat [1] KHI dan pasal 53 ayat [2] KHI yang menyatakan bahwa perkawinan wanita yang hamil diluar nikah dapat dilangsungkan tanpa menunggu kelahiran dari anak tersebut. dan dalam pasal 53 ayat [3] KHI disebutkan juga bahwa tidak perlu dilakukan pernikahan ulang setelah bayi lahir.
Namun sayangnya hukum ini tidak sesuai dengan hukum islam  karena wanita yang sedang hamil tidak boleh menikah sebelum melahirkan. Sehingga meskipun sah secara hukum negara, namun secara hukum islam masih belum sah.
Jadi solusinya adalah si pria harus menikahi ulang wanita ketika sudah melahirkan dan tidak melakukan hubungan suami istri sebelum nikahnya sah secara hukum islam.

Hukum Berhubungan di luar nikah dan penyebab hamil diluar nikah

Sebelum seorang perempuan hamil di luar nikah, pasti ada hubungan fisik terlebih dahulu. Dan hubungan ini adalah salah satu tindakan pidana yang pelakunya bisa di masukan ke dalam penjara.
Hukum tentang perzinahan ini diatur dalam kitab undang-undang pasal 284 KUHP yang rumusanya adalah sebagai berikut :
-        Hukuman bagi yang melakukan tidak pidanan perzinahan akan diancam pidana penjara paling lama 9 bulan.
Tindakan perzinahan ini di dasari suka sama suka tanpa adanya paksaan dari satu pihak

Dasar Hukum Kehamilan di luar nikah menurut undang-undang

Hal yang paling mendasar dari kasus hami di luar nikah adalah status anak dari si wanita. Karena lahir dari hubungan di luar nikah, banyak yang masih bingung tentang status anak.
Menurut undang undang no. 1 tahun 1974 pasal 41 ayat [1], menyatakan bahwa anak yang lahir dari hubungan diluar suami istri hanya memiliki hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya.
Dalam KHI pasal 100 juga disebutkan bahwa anak yang lahir di luar perkawinan hanya memiliki hubungan nasab dengan ibunya dan keluarga ibunya.
Hal ini jelas sekali bahwa ayah biologis di luar nikah tidak memiliki hak pada anak.

solusi hamil diluar nikah menurut islam, ketika hamil diluar nikah apa yang harus dilakukan menurut islam

Ada sebuah kasus juga dimana wanita yang hamil diluar nikah ahirnya menikah dengan laki-laki lain yang bukan ayah biologisnya. Ayah biologis diluar nikah dari anak tersebut ingin menuntut hak asuh anak, namun ayah biologis tersebut secara hukum tidak akan bisa mendapatkan hak asuh tersebut.  karena memang dia tidak memiliki hubungan perdata maupun nasab dengan anak biologisnya di luar perkawinan tersebut.
Jadi itulah kehamilan di luar nikah menurut undang-undang, semoga bermantaat.

doa agar tidak hamil diluar nikah

Doa paling ampuh untuk mencegah hamil diluar nikah adalah "doa meminta perlindungan terjebak hubungan sex sebelum menikah"










Subscribe to receive free email updates:

Silahkan Hubungi Pengacara Balikpapan Samarinda dengan klik gambar ini

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini

uu hukuman mati bagi koruptor oleh Pengacara Balikpapan Samarinda hp/wa tsel 0812345 3855 Pengacara Perceraian Perdata Pidana Balikpapan Sam...